Ilmu Hukum

Fasilitas

Fasilitas kampus di UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah landasan yang kokoh bagi pengalaman belajar dan pertumbuhan mahasiswa. Dengan komitmen untuk menyediakan lingkungan yang mendukung, kampus ini dilengkapi dengan beragam fasilitas modern dan terpadu.

Beragam Kegiatan Mahasiswa

Di lingkungan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, lembaga mahasiswa dan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) menjadi tempat untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam berbagai bidang, baik itu akademik, kreatif, seni, maupun olahraga. Mulai dari marching band, paduan suara, basket, voli, bela diri, hingga pecinta alam, keberagaman kegiatan ini memberikan ruang bagi setiap mahasiswa untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka.

Lebih dari sekadar sebagai sarana ekspresi, kegiatan di dalam UKM ini juga terus didorong untuk meraih prestasi. Kami sangat bangga dengan berbagai pencapaian mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Kemenangan gemilang dalam berbagai kompetisi menjadi bukti kualitas dan kompetensi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang menunjukkan kesiapan dan kemampuan mereka untuk bersaing di tingkat global.

Fasilitas di Fakultas Syariah dan Hukum

Saat ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki 9 Fakultas dan 1 Pascasarjana. Sedangkan penyelenggaran kegiatan baik akademik maupun non akdemik yang diselenggarakan pada Program Studi Ilmu Hukum dengan menggunakan fasilitas gedung kuliah Fakultas Syari’ah dan Hukum, yang berada di Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung, dengan bangunan berlantai 4 seluas 576 meter persegi. Bangunan dan jumlah ruangan yang dipergunakan oleh Program Studi Ilmu Hukum sampai saat ini termasuk memadai dan dirancang sesuai dengan penggunaannya, baik untuk ruang kuliah, ruang dosen, ruang sidang/rapat, student lounge, mushalla, ruangan kantor bagi pengelola.

Di samping itu, untuk menciptakan suasana akademik diciptakan Ruangan Bersama (Common Room) sejenis aula yang berada di lantai 4 gedung fakultas, dan perpustakaan di lantai 1. Ruangan ini diperuntukan untuk mahasiswa, tidak hanya disediakan untuk baca saja akan tetapi juga akses internet, ruang diskusi untuk para mahasiswa, serta tempat kerja menyelesaikan tugas-tugas. Ruang ini disediakan sebagai upaya awal dalam menyediakan ruang kerja mandiri bagi para mahasiswa ke depannya, selain laboratorium dan perpustakaan digital. Selain itu semua ruangan dan gedung difasilitasi akses internet dan wifi-hotspot untuk memudahkan dosen dan mahasiswa berinteraksi berbasis digital online internet access.

 
Ruang Dosen

seluas 450 meter persegi diperuntukan untuk para dosen, ruang yang berbentuk persegi panjang ini terletak di lantai dasar. Pada ruang dosen ini terdapat meja, kursi, unit komputer, serta laci vertikal. Ruang ini mempunyai ruang tunggu di depannya dengan meja dan kursi tamu, terdapat pula white board yang berisi jadwal. Ruang dosen ini juga dipergunakan oleh mahasiswa sebagai tempat mendapatkan bimbingan bersama dosen yang bersangkutan.

Student Center

Ruangan Student Center berlantai 4 seluas 300 meter persegi yang menyatu dengan ruang sidang dan aula, yang dilengkapi dengan meja di setiap sudut ruangan yang menjadi ruang mahasiswa untuk menyambungkan dengan koneksi internet sekaligus tempat diskusi antar mahasiswa. Di ruangan ini dilengkapi dengan jaringan internet yang dapat diakses oleh mahasiwa secara gratis untuk browsing internet, mahasiswa juga dapat akses internet di ruangan ini dengan Laptop/Netbook-nya. Ruang ini bisanya digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan diskusi, membaca buku, mengisi KRS atau browsing internet, atau menunggu saat kuliah tiba.

Ruang Kelas Kuliah

Tersebar di tiga lantai pada 19 ruangan dengan ukuran yang berbeda-beda yang mana masing-masing ruangan diberi Kode Ruang dan terletak di lantai 1, 2, dan 3. Setiap lantai terdapat 12 ruang kelas ukuran standar dengan ukuran rata-rata 8 x 10 meter persegi, dan ruang kuliah kelas besar dengan ukuran 8 x12 meter persegi. Di lantai 1 dan 2 terdapat Pojok Bank Syari’ah (Sharia Banking Corner atau Mini Bank) ukuran 2 x 2 meter persegi dan Klinik Bisnis dan Kewirausahaan Syari’ah (Sharia Business Corner) ukuran 2 x 2 meter persegi. Setiap ruang kelas dilengkapi dengan white board, infocus, mimbar, meja dan kursi, dan ruang kelas terjangkau area hotspot atau wifi.

Ruang Mootcourt

Terdapat dua ruangan dengan ukuran 8 x12 meter persegi, yang disiapkan oleh program studi untuk kegiatan praktek peradilan, baik yang dilaksanakan dalam proses perkuliahan mata kuliah berbobot praktikum, seperti mata kuliah Hukum Acara Pidana, Hukum Acara Perdata, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, Hukum Acara Mahkamah Konstitusi, maupun mata kuliah berbobot praktikum lainnya. Selain itu, ruang mootcourt ini diperuntukkan bagi evaluasi hasil Praktikum Peradilan yang dilaksanakan mahasiswa. Kegiatan lain yang biasa dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa di ruang mootcourt ini adalah kegiatan pembinaan kegiatan mahasiswa melalui Lembaga Peradilan Semu (LPS) dalam rangka penguatan kompetensi mahasiswa, khususnya di bidang kepengacaraan. Melaui pertemuan di ruang ini, maka akan terlihat adanya hubungan yang baik anta dosen dengan mahasiswa, maupun antara mahasiswa dengan mahasiswa.

Ruang Perpustakaan

Ruang Perpustakaan Fakultas yang berukuran 8 x 8 meter persegi yang dilengkapi dengan lebih dari 6000 eksemplar buku dan judul yang relevan, meja, kursi, dan komputer yang terkoneksi secara online dengan perpustakaan universitas yang memiliki lebih dari 125.000 eksemplar buku dan e-book. Di samping itu ketersediaan buku juga disediakan oleh Perpustakaan Program Studi Ilmu Hukum yang memiliki lebih dari 1600 eksemplar buku.

Ruang Laboratorium

Ada tiga ruangan laboratorium pada Fakultas Syari’ah dan Hukum, yaitu: (1) Laboratorium Komputer 2 ruangan yang masing-masing berukuran 8 x 6 meter persegi .

Ruang Rapat

Ruang Aula Besar yang berada di lantai 4, ruang besar ini memiliki ukuran 12,5 x25 meter persegi, di tengah ruangan ini dapat memuat meja persegi panjang dengan 250 kursi dan 40 meja, juga di lengkapi dengan white board, infocus, AC, dispenser, cabinet kecil. Selain itu, ada ruangan kecil berukuran 3 x 6 meter persegi dilengkapi meja dan kursi untuk Rapat Pimpinan Fakultas.

Musholla

Sarana ibadah terletak di lantai 1, 2, dan 3 fakultas dengan ukuran masing-masing 2 x 2,5 meter persegi. Selain itu di lt 4 gedung kuliah disediakan pula mushola berukuran 3 x 3 meter persegi yang digunakan untuk memudahkan para mahasiswa dan civitas akademika melaksanakan shalat.

Layanan Teknologi Informasi

Akses Internet Nirkabel

Kemudahan akses internet nirkabel telah menjadi salah satu keunggulan teknologi yang ditawarkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung kepada para mahasiswa. Layanan akses internet gratis, yang dikenal sebagai UIIConnect, disediakan melalui koneksi nirkabel (wifi) yang dapat diakses di hampir seluruh area kampus. Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses internet menggunakan berbagai perangkat, seperti laptop dan gawai (gadget), dengan menggunakan akun resmi yang disediakan oleh kampus.

Google Edu

Sejak awal tahun 2016, UIN Sunan Gunung Djati telah menjalin kerja sama dengan Google untuk memanfaatkan Google Apps for Education. Melalui layanan ini, mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai aplikasi seperti Gmail untuk surat menyurat secara daring, Hangout untuk berkomunikasi secara online, Groups untuk membentuk komunitas, Calendar sebagai pengingat, Drive untuk menyimpan data, serta Sites untuk membuat situs pribadi atau kelompok. Login ke layanan Google Edu menggunakan aturan Single Sign On, memungkinkan satu akun untuk mengakses semua layanan teknologi informasi di UIN Sunan Gunung Djati.

Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi pembelajaran daring yang digunakan untuk mendukung aktivitas perkuliahan. Dosen dapat mengunggah materi perkuliahan dan tugas, yang kemudian dapat diakses oleh mahasiswa melalui aplikasi ini. Selain itu, Google Classroom juga menyediakan ruang untuk berinteraksi secara daring antara dosen dan seluruh mahasiswa di kelas.

eMail

Setiap mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati memiliki surel (e-mail) resmi yang dapat diakses melalui gmail.uinsgd.ac.id. Surel ini merupakan alat komunikasi penting, dimana berbagai informasi akademik dan administratif akan disampaikan kepada mahasiswa. Akun email ini sama dengan akun resmi lainnya yang diberikan oleh kampus.

IT Support

Untuk pertanyaan, masukan, atau keluhan terkait dengan layanan teknologi informasi, mahasiswa dapat mengirimkan pesan ke sapa@uinsgd.ac.id atau berkunjung langsung ke PTIPD yang terletak di Gedung __ Lantai 2, Kampus I UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Informasi lebih lanjut mengenai layanan teknologi informasi juga dapat ditemukan di situs web ptipd.uinsgd.ac.id.

Optimal dengan Ekosistem Digital

Dalam upaya menjaga standar mutu Unggul dan Kompetitif, UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadopsi pendekatan yang progresif terhadap teknologi, mengintegrasikan inovasi digital ke dalam setiap aspek kegiatan akademik dan administratif.

Profil Jurusan

Dosen

Akademik Jurusan

Mahasiswa

Alumni

Publikasi Jurusan

Helpdesk Akademik FSHLayanan Akademik Jurusan