SEKILAS INFO
: - Jumat, 14-12-2018
  • 8 bulan yang lalu / Tim debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara II dalam debat MPR RI 2018 Terkait
Silaturahmi Orang Tua Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] Ilmu Hukum UIN SGD Bandung menggelar Silaturahmi Orang Tua Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 yang bertempat di Aula Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN SGD Bandung pada, Senin (24/9/18). Acara ini dihadiri oleh Dekan beserta Wakil Dekan I dan II Fakultas Syari’ah dan Hukum, Ketua Jurusan serta Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum dan para Orang Tua Mahasiswa Baru Ilmu Hukum.

Acara silaturahmi tersebut diawali dengan sambutan dari salah satu orang tua mahasiswa baru Ilmu Hukum, Syahril Nasution. Dia mengatakan, “Pertemuan atau pemanggilan orangtua merupakan acara yang bagus, dari 86000 yang mendaftar, di jurusan Ilmu Hukum diterima sekitar 150 orang. Saya dapat melihat bahwa sumber daya mahasiswa baru merupakan sumber daya yang bagus, dan apabila sumber dayanya bagus maka harus diproses atau ditempa dengan proses yang bagus juga,” ucapnya bahagia.

Demikian itu menjadi tantangan tersendiri bagi pihak jurusan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan. Menimbang hal tersebut sejalan dengan visi jurusan yakni “Menjadi Program Studi yang Unggul dan Kompetitif di bidang Ilmu Hukum dalam bingkai Akhlak Karimah di Asia Tenggara Tahun 2025”, maka perlu diciptakan suatu ekosistem yang saling menunjang.

Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. menerima amanah para orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk menimba pengetahuan di Ilmu hukum. Tugas ini akan dilaksanakan dengan sebaik baiknya terutama juga sebagai realisasi dari visi dan misi Fakultas Syari`ah dan Hukum terutama Jurusan Ilmu Hukum.

Dalam rangka mengembangkan potensi mahasiswa seharusnya orang tua sudah tidak khawatir. Karena Ilmu Hukum menyiapkan berbagai organisasi mahasiswa. Disebutkan bahwa “Di Ilmu Hukum telah disiapkan berbagai organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Klub Bahasa Ilmu Hukum (KBIH), Lembaga Kajian dan Debat Mahasiswa (LKDM), dan Lembaga Peradilan Semu (LPS)” terang Ketua Jurusan Ilmu Hukum kelahiran Garut tersebut.

Selain itu, dalam lingkungan Fakultas Syari`ah dan Hukum mempunyai program-program unggulan diantaranya program Tahfidzh, Tilawatil Qur’an, dan Bashul Qutub. Untuk menunjang pendidikan bidang keilmuan mahasiswa, pihak universitas juga telah menyediakan perpustakaan yang telah terakreditasi A+. Diharapkan fasilitas fasilitas yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Syari’ah dan Hukum, Dr. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag. menegaskan bahwasanya dalam menghadapi tantangan baru dimana era mahasiswa sekarang berbeda dengan era tahun 90-an, perlu adanya keseimbangan antara keilmuan dan pendidikan ahlak terhadap setiap individu mahasiswa. “Pesatnya perkembangan teknologi tidak hanya menciptakan hal hal positif, akan tetapi turut menyebarkan hal negatif yang tidak kalah banyaknya. Disinilah diperlukannya pendidikan sesuai tuntunan Agama Islam, dimana selain membangun kecerdasan duniawi harus pula dibangun kecerdasan rohani” Jelasnya.

Lulusan Ilmu Hukum UIN Bandung tentunya akan berbeda dengan lulusan hukum universitas lain. Karena mahasiswa tidak hanya memiliki keahlian bidang hukum konvensional saja, akan tetapi memiliki nilai lebih yaitu dalam bidang hukum Islam. Inilah yang akan menambah nilai saing untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. Dukungan dari orang tua mahasiswa pun sangat dibutuhkan dalam rangka mengemban amanah ini.

(Ray Irawan / Khairul Umam)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: