SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-11-2019
  • 1 hari yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I  Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Tirtayasa Law Debate Community (De`Recht) Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • 1 bulan yang lalu / Selamat dan Sukses atas dilantiknya Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum Periode 2019-2023, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. dan Muhammad Kholid, S.H, M.H.
Prodi Ilmu Hukum Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Bandung [Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] – Hasil tidak akan mengkhianati usaha, pepatah ini tepat untuk diungkapkan bagi prodi Ilmu Hukum yang saat ini meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 677/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019. Pasalnya, mulai dari prestasi nasional dan internasional yang dimiliki oleh Ilmu Hukum baik dosen maupun mahasiswa, pelayanan administrasi yang baik, hingga persiapan penyusunan borang dan persiapan asesmen lapangan yang maksimal dengan melibatkan pelbagai pihak.

Akreditasi dengan skor 375 tersebut masuk dalam kategori skor tertinggi di antara prodi-prodi lain di lingkungan UIN Bandung. Tak pelak, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Ah Fathonih, M.Ag. mensyukuri atas capaian prodi Ilmu Hukum. “Atas nama pimpinan, kami mengucapkan rasa syukur ke hadirat Ilahi Robbi, atas raihan akreditas ini”, ucapnya.

Sejak berdirinya hingga kini, akreditasi prodi Ilmu Hukum mengalami peningkatan. Pada tiga periode terakhir, tahun 2009 – 2012 memperoleh akreditasi C, 2013 – 2018 akreditasi B, dan 2019 – 2024 akreditasi A yang berlaku sejak 9 April 2019 sampai dengan 9 April 2024.

Setelah menunggu sekurangnya 20 hari dari asesmen lapangan, akreditasi Ilmu Hukum diumumkan oleh BAN-PT. Ketua prodi Ilmu Hukum, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. mulai buka suara. Atas capaian dengan skor 375, patut disyukuri oleh Ilmu Hukum. “Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari semua pihak, program studi Ilmu Hukum mendapatkan akreditasi A dengan nilai 375. Nilai ini tentunya nilai yang sangat luar biasa, yang patut kita syukuri”, ujarnya.

Tak lupa sebagai Ketua Jurusan, lanjut Pak Utang sapaan akrabnya, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam akreditasi Ilmu Hukum.

“Saya sebagai Ketua Jurusan tentunya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses akreditasi ini, sejak awal penyusunan borang serta pengajuannya, sampai dengan pelaksanaan asesmen lapangan. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pimpinan universitas (Rektor, Wakil Rektor, Ketua LPM, Ketua LP2M, Kepala Biro), pimpinan fakultas (Dekan, Wakil Dekan, Para Ketua dan Sekretaris Jurusan, Para Ketua Lembaga), para guru besar dan dosen di lingkungan program studi Ilmu Hukum, para tendik (Kabag, Kasubag, dan tendik lainnya), para mahasiswa, alumni, orang tua mahasiwa, pengguna lulusan, serta seluruh pihak terkait lainnya yang sudah banyak membantu dan mendukung kelancaran proses akreditasi”, sebut Pak Utang.

Proses akreditasi bukan hanya kepentingan Ketua Jurusan, akan tetapi merupakan hajat bersama Ilmu Hukum. Baik jurusan, dosen, mahasiswa, maupun alumni. Terbukti, proses akreditasi bisa dilalui secara bersama-sama dengan tanggung jawab masing-masing. Hal ini sering disampaikan oleh Pak Utang dalam pelbagai kesempatan. Sehingga merasa sangat terbantu dengan kesiapan dan dukungan dari dosen, mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulusan. Demikian pula pada saat visitasi (asesmen lapangan) yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 Maret 2019 oleh Asesor BAN-PT, yakni Dr. Angkasa, S.H., M.H. dari Universitas Jenderal Soedirman dan Prof. Dr. Galang Asmara, S.H., M.H. dari Universitas Mataram.

“Keterlibatan dan dukungan dari semua pihak yang terkait sangat kami rasakan, secara Pribadi saya merasa bangga dan terharu karena dukungan yang luar biasa dari seluruh pihak, terutama dari para alumni yang sangat luar biasa mendukung pada saat asesmen lapangan kemarin. Hal ini bisa dilihat dari jumlah alumni yang hadir pada saat kegiatan asesmen lapangan, yang sangat luar biasa. Mereka menyempatkan waktu meninggalkan aktivitas di instansi atau tempat kerjanya masing-masing, dengan profesi sebagai Hakim, Jaksa, Advokat, Notaris, Dosen, Aparatur Sipil Negara di Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota, Legal Officer pada perusahaan-perusahaan, maupun yang lainnya”, ungkap Pak Utang.

Akreditasi hakikatnya adalah proses evaluasi terhadap penyelenggaraan program studi untuk menunjukan sejauh mana kualitas program studi, dengan standar yang telah ditentukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karena itu, penting diperhatikan bagaimana keberlanjutan pasca akreditasi ini.

Pak Utang membubuhkan, “Kami di jurusan selalu berusaha untuk selalu mengembangkan jurusan dan berupaya meningkatkan kualitas dalam berbagai hal, diantaranya membuka jaringan dan kerjasama dengan pihak lain, peningkatan pelayanan kepada dosen, mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulusan”.

Atas hasil akreditasi Ilmu Hukum, harapan muncul dari Pak Utang selaku ketua jurusan. “Kami berharap bahwa hasil akreditasi ini akan memicu semua pihak untuk terus konsisten (istiqamah) meningkatkan kualitas dalam pelbagai hal. Para dosen diharapkan terus meningkatkan kualitas dalam hal pelayanan dan bimbingan terhadap mahasiswa, peningkatan kualitas di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian. Mahasiswa senantiasa berusaha untuk terus meningkatkan kualitas dalam pelbagai bidang, meraih prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Demikian juga dengan para alumni, diharapkan dengan hasil akreditasi ini akan terus meningkatkan kualitasnya sebagai alumni yang bekerja di instansinya masing-masing, serta tetap memiliki kepedulian terhadap perkembangan almamaternya, dengan cara memberikan konstribusi terhadap mahasiswa maupun program studi, baik di bidang akademik maupun non akademik”, harapnya untuk semua pihak.

(Khairul Umam)

1 komentar

Siti Hendramatin, Selasa, 16 Apr 2019

Barakallah…smg tambah sukses dan menciptakan sarjana2 yg jujur berprestasi…pokoknya The Best👍

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: