SEKILAS INFO
: - Senin, 19-11-2018
  • 7 bulan yang lalu / Tim debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara II dalam debat MPR RI 2018 Terkait
Prodi Ilmu Hukum  dalam ICON UCE 2018

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id]  Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Agama Islam menyelenggarakan International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE) 2018 yang diselenggarakan di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 8-10 Oktober 2018. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, yang dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Islam, Direktur Pendidikan Tinggi Islam, Para Rektor di Lingkungan PTKIN, para Tamu Undangan dan 200 Pemakalah tentang Pengabdian dari dosen di seluruh perguruan tinggi Islam baik negeri maupun swasta.

Dr. H. Ramdani Wahyu, M.Si sebagai sebagai Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung menegaskan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk merealisasikan Kesejehtaraan dan keadilan masyarakat melalui dharma pengabdian kepada masyarakat. Dalam rangka menghimpun aktivitas perguruan tinggi dalam memberdayakan masyarakat tersebut, digelar ICON UCE (International Confrence University Community Engagement) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Event ini dimaksudkan sebagai unjuk nyata kemampuan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, baik dibuktikan dalam bentuk karya ilmiah maupun produk pemberdaayan lainnya.

Dalam event tersebut, Pusat Pengabdian kepada Masyarakt LP2M UIN SGD Bandung mengirimkan 23 paper yang ditulis oleh para dosen dan mahasiswa UIN SGD Bandung sebagai hasil pendampingan dan pemberdayan kepada masyarakat yang selama ini telah dilakukan. Salah satu perwakilan penulis paper tersebut ialah Dr. H. Utang Rosidin, SH, MH (Ketua Prodi Ilmu Hukum) sebagai Paper Terpilih yang dipresentasikan dalam konfrensi tersebut.
Kegiatan semacam ini patut dilestarikan karena perguruan tinggi secara konkrit mampu terkoneksi dengan masyarakat dalam merekayasa perubahan sesuai dengan yang diharapkan.

(Karya ilmiah dan produk kerajinan serta olahan yg dilakukan mahasiswa selama KKN Sisdamas 2018)

Selain konferensi, ditampilkan pula beragam karya ilmiah dan produk kerajinan serta olahan yg dilakukan mahasiswa selama KKN Sisdamas 2018 berlangsung, diantaranya adalah produk dari mahasiswa Ilmu Hukum, yaitu Fikri Al-Haroki, mahasiswa Semester VII, yang terpilih sebagai mahasiswa KKN 2018 yang menghasilkan produk pemberdayaan masyarakat. Intinya, dengan ICON UCE 2018 ini, semakin menegaskan bahwa Perguruan Tinggi hadir untuk melakukan transformasi ke arah yg lebih baik guna tercipta kesejahteraan dan keadilan sosial.

Sementara itu Dr. H. Utang Rosidin, SH, MH (Ketua Prodi Ilmu Hukum) sebagai Pemakalah Terpilih dalam Kegiatan ICON UCE menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi perkembangan dan keberlanjutan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh Dosen maupun mahasiswa, sehingga diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas maupun kwantitas pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen, khususnya dosen Ilmu Hukum.

Pada kesempatan itu juga Ketua Prodi Ilmu Hukum sekaligus menyampaikan apresiasi kepada Dr. H. Ramdani Wahyu, karena beliau sebagai Dosen Tetap Ilmu Hukum mampu mendorong dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk mengikuti kegiatan ini secara optimal. Selain itu Ketua Prodi Ilmu Hukum juga menyampaikan kebanggaannya kepada mahasiswa Ilmu Hukum yang turut serta dalam kegiatan EXPO ICON UCE 2018 ini, semoga ke depan seluruh dosen maupun mahasiswa Ilmu Hukum lainnya bisa turut serta dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan lainnya, baik level nasional maupun internasional. []

1 komentar

Hadian Munandar, Selasa, 9 Okt 2018

Ilmu Hukum semakin keren aja, sukses selalu Ilmu Hukum ku. Pak Kajur kita juga keren, selalu menciptakan karya, sehat selalu pak 🙏

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: