Info Ilmu Hukum
Sabtu, 02 Mar 2024
  • Pendaftaran Sidang Munaqosyah Mulai Tangal 27 Oktober 2022 Pekan Seni dan Olahraga Nasional I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

OPENING CEREMONY ORIENTASI PENGENALAN MAHASISWA BARU (RIMBA) ILMU HUKUM 2018

Diterbitkan : - Kategori : Berita

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hukum UIN SGD Bandung menghelat ¬Opening Ceremony Orientasi Pembinaan Mahasiswa Baru (RIMBA) 2018 yang bert

empat di Aula Fakultas Syariah dan Hukum pada, Rabu (28/11/2018).
Kegiatan Opening Ceremony ini menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan RIMBA 2018 yang akan berlangsung selama lima hari kedepan. Hajat besar HMJ Ilmu Hukum kali ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, yaitu Kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Panenjoan Rancakalong Sumedang. Dengan dihadiri oleh 125 peserta, acara tersebut diharapkan dapat berjalan dengan lancar.


Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. selaku Ketua Jurusan Ilmu Hukum memberikan motivasi dan apresiasi yang besar kepada peserta RIMBA. “RIMBA bukan hanya sebatas formalitas orientasi mahasiswa ditingkat jurusan. Rimba merupakan salah satu ajang pembentukan karakter bagi mahasiswa Ilmu Hukum. Disini karakter mahasiswanya yang dididik, sehingga kita tidak lagi bermental anak SMA, melainkan mental anak kuliahan, sehingga dituntut mandiri, berpikir cepat, dan tidak egois. Disini juga mahasiswa diberikan ilmu-ilmu baru seputar perkuliahan khususnya mengenai kultur dari masyarakat Ilmu Hukum itu sendiri,” ucapnya seraya bernostalgia RIMBA 20 tahun yang lalu.


Mahasiswa Ilmu Hukum, lanjut P Utang sapaan akrabnya, harus memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan jurusan lain. “Mengapa mahasiswa dibentuk seperi itu? Hal ini merupakan bentuk penyesuaian karena kompetitor sebenarnya bagi mahasiswa Ilmu Hukum ialah Fakultas Hukum se-Indonesia, bukan lagi jurusan jurusan di Fakultas Syari’ah dan Hukum. Jadi, tidak hanya diperlukan peningkatan intelektualitas, akan tetapi perlu juga peningkatan kualitas mental. Sehinggap diharapkan dapat terbentuknya Mahasiswa Ilmu Hukum yang unggul dan Kompetitf.”


Hal senada pula disampaikan oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum, Dr. Ah. Fathonih, M.Ag. bahwa “Mahasiswa Ilmu Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung tidak ada bedanya dengan temen-temen kita di UI, Brawijaya, dan lain-lain. Mereka negeri kita juga negeri, mereka terakreditasi kita juga terakreditasi, kenapa harus minder?,” ujarnya dalam sambutan pembukaan.


Sebagai mahasiswa sudah seharusnya memiliki intelektualitas dan semangat yang tinggi dalam studi. Karena hal tersebut yang akan menjadi pembeda satu mahasiswa dengan mahasiswa yang lain. Percuma menjadi mahasiswa apabila kualitasnya setara dengan lulusan SMA. Banyak cara untuk menambah belajar dan ilmu pengetahuan. Tidak hanya disempitkan dalam pembelajaran dikelas, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk banyak belajar di luar kelas.


Kegiatan Opening Ceremony RIMBA 2018 tersebut diakhiri dengan pemukulan goong oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum. Dengan ini seluruh rangkaian kegiatan RIMBA 2018 telah diresmikan dan selanjutnya diserahkan kembali kepada Panitia RIMBA 2018.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar