Info Ilmu Hukum
Sabtu, 02 Mar 2024
  • Pendaftaran Sidang Munaqosyah Mulai Tangal 27 Oktober 2022 Pekan Seni dan Olahraga Nasional I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri 2022 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

MENJADI UNIK MELALUI KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH

Diterbitkan : - Kategori : Writing Course

“Jadilah pribadi yang unik agar kamu terlihat istimewa dan berharga”, begitulah kira-kira kutipan kalimat motivasi yang disampaikan oleh Dr. Pepen Irfan Fauzan, M.Hum pada sesi akhir seminar di aula utama FHS UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Pemateri merupakan Peneliti Bappenas RI yang sudah banyak terlibat dalam sejumlah penelitian strategis yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan nasional.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan menulis masih menjadi aktivitas akademik yang masih kurang populer di kalangan mahasiswa, bahkan bagi sebagian kalangan menjadi momok yang ditakuti karena sering dianggap sulit dan tidak punya keahlian untuk menulis. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengubah mainset dan kultur agar aktivitas menulis ilmiah ini dapat menjadi kebiasaan dan skill yang bisa dikuasai oleh seluruh mahasiswa.

Jika mahasiswa dapat menjadikan aktivitas menulis ilmiah sebagai kultur dan skill yang dikuasai, tentu hal tersebut dapat menjadi potensi dan faktor unik yang bisa di tunjukan sebagai keistimewaan khusus. Lebih lanjut, Dr. Elan Jaelani, M.H selaku pembicara kedua menambahkan sejumlah alasan kenapa mahasiswa perlu menekuni aktivitas menulis salah satunya antara adalah membantu mahasiswa untuk memperoleh portofolio yang dapat berguna bagi mahasiswa di masa yang akan datang. Karena tidak menutup kemungkinan portofolio menulis dapat menjadi senjata ampuh dan menjadi nilai tambah ketika mahasiswa akan melamar pekerjaan (CPNS), melanjutkan studi S2 atau mengikuti sejumlah program beasiswa bereputasi, bahkan untuk sejumlah pekerjaan tertentu diperlukan khusus keahlian menulis sebagai kompetensi.

Lebih lanjut Dr. Pepen Irfan Fauzan, M.Hum menjelaskan bahwa untuk menguasai keahlian menulis ilmiah ini hanya diperlukan latihan yang konsisten dan dilakukan secara berkelanjutan. Oleh karena itu, ketua jurusan ilmu hukum Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H menjelaskan dalam sambutannya bahwa, untuk mendorong akselerasi bidang penulisan karya tulis ilmiah yang terpublikasi di jurnal, program studi mendorong agar mahasiswa untuk aktif dan mencoba mengasah kemampuan publikasi ilmiah melalui sejumlah fasilitas yang sudah disediakan oleh program studi ilmu hukum, salah satunya adalah jurnal varia hukum yang bisa di optimalkan untuk menampung karya tulis ilmiah mahasiswa atau hasil kolaborasi mahasiswa dengan dosen.

Berikut sejumlah fasilitas yang dapat di akases oleh mahasiswa:

1. Jurnal varia hukum yang dapat di akses melalui (klik disini)

2. Materi kelas menulis (Klik disini)

3. Fasilitasi konsultasi dan bimbingan (kolaborasi dosen dan mahasiswa)

Terakhir, dari aktivitas menulis ilmiah ini diharapkan dapat menjadi media mercusuar bagi prodi ilmu hukum untuk dapat eksis sekaligus bentuk kontribusi kepada masyarakat secara langsung melalui tulisan-tulisan yang tersebar, dan hal tersebut sejalan dengan visi Menjadi Program Sudi yang Unggul dan Kompetitif di Bidang Ilmu Hukum dalam Bingkai Akhlak Karimah di ASEAN Tahun 2025.

Materi Seminar terlampir:

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar