SEKILAS INFO
: - Selasa, 16-07-2019
  • 1 hari yang lalu / Selamat berjuang kepada Kontingen Prodi Ilmu Hukum yang akan bertanding dalam PIONIR di Malang. Terkait
  • 4 bulan yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I dalam Debat Konstitusi MPR RI  Wilayah Jawa Barat 2019 Terkait
Mahasiswa Ilmu Hukum Konsentrasi HTN Ikuti Magang di MK

Ilmuhukum.uinsgd.ac.id – Sebanyak 6 (enam) mahasiswa Ilmu Hukum kekhususan Hukum Tata Negara (HTN) mengikuti magang, yang dikenal dengan sebutan Praktikum Profesi Mahasiswa (PPM) di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia mulai Senin, 7 Januari hingga Jumat, 8 Februari 2019.

Bukan hanya dari Ilmu Hukum UIN SGD Bandung, kegiatan magang di lingkungan Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi tersebut diikuti oleh mahasiswa yang telah mendapatkan izin magang dari Sekjen MK. Sebanyak 29 peserta magang terdiri atas 5 orang jurusan Ilmu Hukum  di UGM Yogyakarta, 10 orang jurusan Hukum Tata Negara di UIN Maliki Malang, 4 orang jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 orang jurusan Ilmu Hukum kekhususan HTN di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1 orang jurusan International Law and Global Governance di Monash University, 1 orang jurusan Law di Australian National University, 1 orang jurusan Politics and International Relations di Macquarie University, dan 1 orang jurusan International Security Studies di University of Sunshine Coast.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan mahasiswa terhadap tugas, fungsi, dan kewenangan MK, MK membuka kesempatan untuk melaksanakan magang. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretariat Jenderal (Sekjen) Mahkamah Konstitusi, M. Guntur Hamzah. “Adanya kegiatan magang agar mahasiswa dapat memahami tugas, fungsi, dan kewenangan MK”, ucapnya dalam penyambutan peserta magang, Senin (7/1/2019).

Bagi mahasiswa tingkat akhir Ilmu Hukum UIN SGD Bandung, PPM merupakan syarat utama melalui proses pendidikan. Untuk mahasiswa angkatan 2015 ini, pelaksanaan PPM telah diselenggarakan pada bulan Juni-Juli 2018, yang dilaksanakan di instansi atau kantor sesuai dengan kekhususan masing-masing mahasiswa, baik Pidana,  Perdata, maupun Hukum Tata Negara dengan Lokasi di Pengadilan Negeri Garut, Pengadilan Negeri Tasikmalaya, Pengadilan Negeri Karawang, Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Negeri Bandung, Kejaksaan Tinggi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, kantor BPN Bandung, BPN Sumedang, BPN Ciamis, bagian hukum Setda Kota Sukabumi,  bagian hukum Setda Kab.  Garut, dan kantor DPRD Provinsi Jawa Barat.

Di samping itu, ada pula yang PPM di kantor Advokat dan Notaris yang ada di wilayah Jawa Barat, khususnya milik alumni Ilmu Hukum yang sudah berprofesi sebagai Advokat maupun Notaris. Adapun kegiatan PPM yang terakhir dilaksanakan di Mahkamah Konstitusi RI. Karena harus menyesuaikan jadwal yang ditentukan oleh Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi. Tentu selama kegiatan PPM berlangsung, mahasiswa dibimbing oleh pembimbing dari dosen dan dari instansi tempat praktikum.

Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Dr. Utang Rosidin, S.H., M.H. mengharapkan pelaksanaan PPM agar dapat meningkatkan kompetensi tiap individu. “PPM yang diperuntukan bagi mahasiswa semester VII sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian mahasiswa Ilmu Hukum sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam profil Program Studi Ilmu Hukum,” ucapnya melalui media elektronik.

Diketahui 6 mahasiswa Ilmu Hukum UIN SGD Bandung yang mengikuti PPM; Indra Ramdani, Khairul Umam, Moch. Rijal Paujanul Haqqi, M. Zaky Nurfuadi, Fajri Agung Hawari, dan Ricky Ispan.

(Khairul Umam)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: