SEKILAS INFO
: - Selasa, 26-03-2019
  • 1 bulan yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I dalam Debat Konstitusi MPR RI  Wilayah Jawa Barat 2019 Terkait
LKDM ILMU HUKUM JUARA I DEBAT KONSTITUSI MPR RI

Ilmu Hukum – Tim debat Lembaga Kajian dan Debat Mahasiswa (LKDM) Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih juara I Lomba Debat Konstitusi MPR RI Wilayah Jawa Barat Tahun 2019, yang diselenggarakan di Hotel Aston Tropicana Bandung pada, Sabtu (16/02/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh empat universitas ternama di wilayah Jawa Barat, yang diwakili oleh Universitas Pakuan Bogor, perwakilan perguruan tinggi di wilayah Priangan Barat, Universitas Padjadjaran dan UIN Sunan Gunung Bandung, serta Universitas Galuh Ciamis mewakili perguruan tinggi wilayah Priangan Timur.

Sementara itu, tim debat LKDM Ilmu Hukum diwakili oleh Dian Sunardi (Semester VI), Quynna Zenobia (Semester IV), dan Albin Muhammad Ridwan (Semester VI), dengan pembimbing Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H dan Dr. Hj. Dede Kania, S.HI, M.H. Di hadapan dewan juri yang terdiri dari Dr. Delis Jukarson (Kepala Badan Pengkajian MPR RI), Dr. H. Adang Sudrajat, MA, Drs. H. Ahmad Zaky Siradj (Anggota Badan Pengkajian MPR RI), Drs. Yana Indrawan, M. Si (Kepala Biro Pengkajian MPR RI), dan Hari Herawan, SH (Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal MPR RI), tim debat mampu menyampaikan argumentasi dengan baik dan menjatuhkan argumentasi lawan dengan sempurna.

Dari melawan Unpad, mosi “Titik berat pelaksanaan otonomi daerah di tingkat provinsi, sedangkan kabupaten/kota sebagai wilayah administratif”, melawan Universitas Galuh Ciamis dengan mosi “Penghapusan ketentuan Parliamentary Treshold”, hingga melawan Universitas Pakuan Bogor dengan mosi “Penegasan keanggotaan DPD harus berasal dari non anggota partai politik”, yang kemudian Unpad meraih juara II, Universitas Pakuan juara III dan Universitas Galuh peringkat IV.

Atas pencapain tersebut, Kepala Badan Pengkajian MPR RI, Dr. Delis Jukarson menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh tim, khususnya tim debat UIN SGD Bandung atas terpilihnya menjadi Juara I sekaligus ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi yang mewakili Jawa Barat dalam Lomba Debat Konstitusi MPR RI Tingkat National, yang akan diselenggarakan Agustus mendatang.

(Para delegasi foto bersama Ketua Jurusan dan Pembina LKDM)

Di waktu yang bersamaan, Ketua Jurusan Ilmu Hukum Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H sangat menyambut baik dan menyampaikan apresiasi keberhasilan kepada tim debat LKDM Ilmu Hukum, “Saya menyambut baik dan mengapresiasi prestasi tim debat. Prestasi ini tentunya bukan hal yang mudah untuk diraih, karena mahasiswa telah mempersiapkannya sejak awal, melalui bimbingan dan arahan dari para dosen Ilmu Hukum, baik melalui diskusi di kelas dalam mata kuliah, maupun dalam diskusi-diskusi khusus yang membahas tentang mosi-mosi debat yang dikoordinir oleh dosen pembimbing Dr. Hj. Dede Kania, S.HI, M.H.” Ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, lanjut P Utang, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. “Saya sebagai Ketua Jurusan menghaturkan terima kasih kepada tim debat dan para dosen yang telah membimbing, serta pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum yang sudah sangat mendukung dan mendorong demi keberhasilan tim debat. Semoga dengan prestasi ini juga bisa memotivasi mahasiswa Ilmu Hukum lainnya untuk terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik”.

Meraih juara I butuh proses yang panjang, hal ini diamini oleh Sekretaris Jurusan yang juga Pembina LKDM, Dr. H. Uu Nurul Huda, S.Ag., S.H. M.H. Dia mengatakan “Kemenangan lomba debat konstitusi yang diraih oleh tim debat LKDM Ilmu Hukum merupakan anugerah dan berkah bagi Prodi Ilmu Hukum. Kemenangan ini tentunya bukan sesuatu yang serba instan, tetapi sebuah proses panjang yang dijalani di LKDM. Keberhasilan ini hendaknya dijadikan momentum untuk kerja-kerja prestasi lainnya”.

Patut disyukuri pencapaian LKDM di awal tahun ini. Namun, sekalipun telah menggenggam kemenangan tersebut, tidaklah boleh merasa puas. Karena tiap individu dan kelompok dituntut untuk menjadi yang lebih baik lagi. Seperti yang dikatakan Pembina LKDM, Dr. Hj. Dede Kania, S.HI., M.H, “Alhamdulillah, ini awal yang baik untuk tahun 2019, setelah capaian di tahun-tahun sebelumnya hanya sampai juara 2. Namun, ini juga berarti delegasi harus terus berlatih memperbaiki kapasitas untuk tingkat nasional. Tidak ada yang tidak mungkin selama mau berlatih dan belajar. Tidak boleh ada kata puas atas suatu capaian, justru itu harus dijadikan pemicu untuk prestasi yang lebih baik”, ujar bu Dekan, sapaan akrabnya.

Harapan muncul dari Ketua LKDM, Ryan Fachryan Lesmana Putra untuk memberikan motivasi terhadap para debater LKDM. “Alhamdulillah kita mencetak sejarah baru dalam dunia perdebatan, kali pertama kita berhasil menjadi juara I Debat Konstitusi MPR. Mudah-mudahan ini bisa menjadi triger untuk debaters LKDM lainnya agar bisa terus meningkatkan prestasi kita”, harapnya.

Dian Sunardi sebagai ketua delegasi mulai buka suara perihal kiat sukses meraih juara I. Dikatakan bahwa keberhasilan tersebut tak lepas dari peran penting pembina dan para senior LKDM yang telah mendidik dan menemani tiap kali bedah mosi tanpa mengenal waktu.

“Tentunya kerja keras disertai bimbingan yang intens dari bu Dekan dan babang-babang senior, percaya diri, dan yakin. Jika ikhlas selama persiapan dan hanya ditujukan untuk Allah segala usaha kita, pasti Allah akan memberikan hasil yang terbaik, strateginya yakin kepada Allah akan memberikan hasil sesuai usaha yang sudah dikerjakan” Ucap mahasiswa kekhususan Hukum Tata Negara tersebut.

Ia pun menambahkan “Jangan pernah putus asa, jangan pernah gentar dengan nama besar kampus lain, yakinkan diri bisa melewati segala batasan diri, jangan malu untuk belajar serta bertanya dan teruslah merasa bodoh sehingga akan merasa haus ilmu pengetahuan”.

Untuk diketahui, LKDM Ilmu Hukum dua kali berturut-turut meraih juara 2 lomba Debat Konstitusi MPR RI tahun 2017-2018 karena tersingkirkan oleh tim debat dari Universitas Padjadjaran (Unpad). Sensasi yang luar biasa, bravo LKDM!

(Khairul Umam & Fazril Amri)

1 komentar

Siti Hendramatin, Selasa, 19 Feb 2019

Barakallah…selamat dan sukses untuk prestasi yg diraih…semoga bisa menambah motivasi angkatan selanjutnya

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: