SEKILAS INFO
: - Selasa, 22-05-2018
  • 1 bulan yang lalu / Tim debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara II dalam debat MPR RI 2018 Terkait
Ilmu Hukum Lepas 36 Mahasiswa

BANDUNG- Ilmu Hukum UIN SGD Bandung menggelar Pembekalan Softskill Mahasiswa. Pembekalan dan Pelepasan Wisudawan ke 70 Ilmu Hukum ini bertempat di Aula Fakultas Syariah dan Hukum pada, Sabtu (12/05/2018).

Dalam acara tersebut, ketua Ikatan Alumni (IKA) Ilmu Hukum sekaligus pemateri pembekalan softskill mahasiswa, Nanang Koyim, S.H., M.H mengatakan, alumni memiliki tanggung jawab terhadap almamaternya, Ilmu Hukum.

“Ketika kalian lulus, maka kalian memiliki tanggung jawab besar terhadap Ilmu Hukum untuk membantu kemajuan Ilmu Hukum. Bukan lulus terus lepas tanggung jawab. Sekalipun ada pelepasan, tidak lepas seutuhnya,” ucapnya.

Dia juga meminta nomor kontak setiap calon wisudawan agar tetap jaga komunikasi melalui media elektronik. Menurutnya, alumni perlu memiliki kompetensi dan inovasi agar dapat bersaing dengan alumni dari perguruan tinggi lainnya dalam masyarakat dan dunia kerja.

“Kompetensi sebagai bekal untuk bersaing dengan alumni dari kampus lain apalagi kampus yang terbaik. Bahkan patut disyukuri sebagai lulusan Ilmu Hukum UIN Bandung,” ujarnya.

Perwakilan wisudawan, Muhammad Rijaldy Alwy, menyampaikan permintaan maaf selama menimba ilmu di Ilmu Hukum. Dia juga berharap ilmu yang diperoleh bermanfaat.

“Kami mohon maaf atas segala hal selama belajar di Ilmu Hukum, mudah-mudahan kami dapat berkontribusi bagi umat dan bangsa,” harap wisudawan dengan IPK tertinggi di Ilmu Hukum dengan perolehan 3,89, serta pembaca ikrar dalam acara wisuda UIN Bandung yang akan digelar pada, Minggu (13/05/2018).

Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. selaku ketua jurusan mewakili dari para dosen meminta maaf atas segala kesalahan yang selama ini terjadi. “Mewakili dari dosen-dosen UIN khususnya ilmu hukum, kami minta maaf atas kesalahan-kesalahan yang diperbuat. Merasa tidak enak dengan dosen. Jangan ada dendam diantara kita,” ujarnya.

Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. berpesan untuk para wisudawan untuk disampaikan ke orang tua masing-masing. Pesan itu adalah ucapan terima kasih setinggi-tingginya yang telah memercayai ilmu hukum untuk mendidik anaknya.

“Dan sampaikan pula permohonan maaf apabila selama ini kami belum optimal. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk kalian,” ucapnya.

Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. mengatakan, tidak banyak jurusan-jurusan di lingkungan UIN Bandung yang menyelenggarakan kegiatan pelepasan wisudawan. Di lingkungan Fakultas Syariah dan Hukum, hanya jurusan Ilmu Hukum yang menyelenggarakan kegiatan pelepasan wisudawan.

“Biasanya FISIP sama Fakultas Adab dan Humaniora saja yang menyelenggarakan acara seperti ini,” jelasnya.

Menurutnya, setiap mahasiswa masuk ke UIN Bandung jurusan Ilmu Hukum disambut oleh stakeholders jurusan dan lulus pula difasilitasi oleh jurusan. “Ketika masuk kami sambut, ketika keluar kami pun mempersilahkan dengan hormat. Ini merupakan tanggung jawab jurusan,” ungkapnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, sekretaris jurusan Ilmu Hukum Dr H. Uu Nurul Huda, S.Ag,. S.H., M.H., staff jurusan Dian Gumelar, S.H yang menjadi pembawa acara, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Hadian Munandar, dan komisariat mahasiswa (kosma).

[Khairul Umam]

TINGGALKAN KOMENTAR

Ilmu Hukum

%d blogger menyukai ini: