SEKILAS INFO
: - Selasa, 16-07-2019
  • 1 hari yang lalu / Selamat berjuang kepada Kontingen Prodi Ilmu Hukum yang akan bertanding dalam PIONIR di Malang. Terkait
  • 4 bulan yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I dalam Debat Konstitusi MPR RI  Wilayah Jawa Barat 2019 Terkait
Ilmu Hukum Goes to Mahkamah Konstitusi dan Mata Najwa

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] – Sebanyak 130 mahasiswa Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung mengikuti kegiatan kunjungan mahasiswa ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia di Jakarta Pusat, dan Mata Najwa di Jakarta Selatan pada, Rabu-Kamis (27-28/2/2019).

Kegiatan yang diberi nama “Ilmu Hukum Goes to Mahkamah Konstitusi dan Mata Najwa” tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Hukum periode 2018-2019 dengan tujuan meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap MK, baik dari aspek kelembagaan, tugas, fungsi, kewenangan hingga implementasi dari putusan MK.

Antusiasme mahasiswa mulai merupa saat mengawali kunjungan di Pusat Sejarah Konstitusi dengan pengenalan sejarah konstitusi-konstitusi di dunia, dan berakhir pada forum diskusi seputar Mahkamah Konstitusi.

MK sejak berdiri hingga saat ini telah banyak memutus perkara. Tentu terhadap uji materi (judicial review) UU (PUU), sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD (SKLN), perselisihan hasil Pemilu-Pilkada (PHP), dan pembubaran partai politik.

“Dari putusan-putusan MK, bahkan ada putusan yang lagi viral saat ini, tentang syarat calon anggota DPD dari partai politik. Karena adanya perbedaan antara putusan MK dan MA. Sehingga KPU kebingungan akan implementasi kedua putusan tersebut,” jelas Titis Anindyajati, Peneliti Hakim Konstitusi Arief Hidayat yang menerima kunjungan mahasiswa di Ruang Delegasi Gedung MK dalam forum diskusi.

Dalam waktu yang berbeda, kemudian Ketua Jurusan Ilmu Hukum Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. sangat mengapresiasi kegiatan kunjungan yang dibimbing oleh Dr. Hj. Dede Kania, S.HI., M.H., salah seorang dosen program studi Ilmu Hukum tersebut.

Pak Utang, sapaan akrabnya, berharap agar kunjungan ke lembaga penegak keadilan konstitusional dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa Ilmu Hukum, tentunya dalam rangka pendalaman materi yang sebelumnya sudah dipelajari dalam proses perkuliahan.

“Program studi Ilmu Hukum dalam rangka mewujudkan visi prodi, yaitu menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di bidang Ilmu Hukum, tentunya selalu berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendorong untuk meningkatkan kualitas mahasiswa, salah satunya adalah melibatkan mahasiswa dalam kegiatan yang terkait dengan Lembaga Negara, seperti kunjungan ke Mahkamah Konstitusi, Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kementerian Hukum dan HAM, maupun Instansi lainnya”, ucapnya.

Untuk diketahui, sebelum kunjungan ke lembaga the guardian of the constitution tersebut, terlebih dahulu mengikuti acara on air Mata Najwa yang kala itu menyajikan kiprah cawapres dalam berlaga di Pemilu 2019 nanti.

(Khairul Umam)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: