SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-11-2019
  • 1 hari yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I  Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Tirtayasa Law Debate Community (De`Recht) Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • 1 bulan yang lalu / Selamat dan Sukses atas dilantiknya Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum Periode 2019-2023, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. dan Muhammad Kholid, S.H, M.H.
RAPAT KOORDINASI JURUSAN, HMJ, DAN KOSMA ILMU HUKUM

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] Pada posisi masing-masing, kita mengemban amanah yang berbeda, ada Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Staf Jurusan, para Dosen, Alumni, HMJ sampai Kosma. Semua punya tanggung jawab masing-masing untuk mengembangkan jurusan Ilmu Hukum. Hal itulah yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H dalam Rapat Koordinasi Jurusan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan Komisariat Mahasiswa (Kosma) Ilmu Hukum yang bertempat di ruang sidang Lt 4 FSH pada, Selasa (18/12/2018).

Rapat dipandu oleh Sekretaris Jurusan, Dr. H. Uu Nurul Huda, S.Ag., S.H., M.H dengan diawali sambutan Ketua Jurusan, berlanjut serap aspirasi mahasiswa melalui HMJ dan Kosma.

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H menyampaikan pentingnya rutinitas rapat koordinasi dengan perwakilan mahasiswa agar tercipta controlling kegiatan pengembangan intelektual dan kreativitas mahasiswa.

“Rapat koordinasi ini merupakan agenda rutin jurusan Ilmu Hukum. Salahsatunya karena ini dilaksanakan menjelang akhir perkuliahan. Maka agenda kali ini salahsatunya untuk memonitor perkuliahan, terkait jumlah kehadiran, kendala dan permasalahan-permasalahan selama perkuliahan,” pungkasnya.

Dalam proses menimba ilmu di bangku kuliah, tak dapat dimungkiri adanya pelbagai problematika perkuliahan. Terlepas terhadap mahasiswa tingkat awal, pertengahan, dan akhir. Untuk mahasiswa tingkat akhir sebagaimana yang sampaikan oleh salah seorang mahasiswa yang menyatakan sulitnya menemui dosen pembimbing untuk konsultasi soal skripsi. “Permasalahan bagi mahasiswa tingkat akhir yaitu sulitnya menemui pembimbing akademik untuk bimbingan skripsi,” keluh Indra Ramdani, Kosma IH B semester VII tersebut.

Telah menjadi hal wajar bilamana kesulitan menemui dosen pembimbing. Namun tidak semua dosen berlaku demikian. Masih banyak dosen yang berhati malaikat, karena pada dasarnya semua dosen tidak mengharapkan peserta didiknya merasakan kegagalan dalam menyelesaikan skripsi.

Dengan adanya rapat koordinasi tersebut, baik pihak Jurusan, HMJ, dan Kosma harus bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap mahasiswa agar mahasiswa merasakan manfaat dengan keberadaan masing-masing pihak, hingga atmosfer kegiatan belajar mengajar tercipta dengan baik.

(Khairul Umam)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.