SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-11-2019
  • 1 hari yang lalu / Tim Debat Ilmu Hukum UIN SGD Bandung berhasil meraih Juara I  Lomba Debat Hukum Nasional yang diselenggarakan oleh Tirtayasa Law Debate Community (De`Recht) Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • 1 bulan yang lalu / Selamat dan Sukses atas dilantiknya Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilmu Hukum Periode 2019-2023, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. dan Muhammad Kholid, S.H, M.H.
Rapat Koordinasi IKA Ilmu Hukum

[Ilmuhukum.uinsgd.ac.id] Ikatan Alumni (IKA) Ilmu Hukum melaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh hampir perwakilan masing-masing angkatan, diantaranya Budi Tresnayadi, S.H., M.H. (angkatan 1998), Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. (angkatan 1999), Adv. Acong Latif, S.H. (angkatan 2005), Nanang Koyim, S.H., M.H. (angkatan 2006), Fitri Ramdan Setiawan, S.H. (angkatan 2007), Teja Sungkawa, S.H. (angkatan 2008), adv. Rahmat Gumilar, S.H. (angkatan 2009), Saeful Anwar, S.H. (angkatan 2010), Dian R Gumelar, S.H., M.H. (angkatan 2010) Ahmad Syarif, S.H. (angkatan 2010), dan Muhammad Fahmi, S.H. (angkatan 2012) yang bertempat di area Metro Indah Mall (MIM) Bandung pada, Selasa (4/12/12).

Rapat Koordinasi tersebut membahas progresivitas Ilmu Hukum dan IKA, yang pada khususnya memuat; Persiapan pelantikan IKA Ilmu Hukum Periode 2018-2022, Rapat Kerja IKA IH 2018-2022, kiprah alumni Ilmu Hukum, dan bentuk sumbangsih alumni terhadap mahasiswa dan jurusan.

Dalam sambutan Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Dr. H. Utang Rosidin, S.H., M.H. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh alumni yang telah hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi. Hal ini merupakan agenda rutin alumni yang diselenggarakan setiap dua bulan sekali.

“Sejak berdirinya Program Studi Ilmu Hukum Tahun 1998, telah banyak mencetak alumni yang telah berkiprah di tengah-tengah masyakarat, baik yang menjadi Hakim, Jaksa, ASN, Advokat, Notaris, Legal Officer, maupun di tempat lainnya. Besarnya suatu progran studi diantaranya ditentukan oleh kiprah alumninya. Oleh karena itu, saya berharap kiprah alumni bisa memberikan manfaat di tengah masyarakat. Pihak jurusan juga menyampaikan apresiasi atas perhatian para alumni yang masih peduli dan banyak memberikan konstribusi terhadap pengembangan mahasiswa dan Jurusan Ilmu Hukum. Bentuk konstribusi yang selalu diberikan oleh alumni Ilmu Hukum adalah keterlibatan alumni dalam kegiatan mahasiswa maupun jurusan dalam kegiatan akademik maupun non akademik,” jelasnya mengawali kegiatan.

Sementara itu, Ketua IKA Ilmu Hukum Periode 2018-2022, Nanang Qoyim, S.H., M.H. yang terpilih pada kegiatan Musyag IKA Ilmu Hukum pada bulan April lalu menyampaikan, pertemuan ini merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan sebelumnya setelah diselenggarakannya Musyawarah Anggota (Musyag) IKA Ilmu Hukum.

“Pertemuan ini adalah lanjutan pertemuan bulan April lalu, yang mengamanahkan kepada saya untuk menjadi Ketua IKA Ilmu Hukum, melanjutkan perjuangan Ketua IKA sebelumnya, yaitu Kang Budi Tresnayadi, S.H., M.H. Sehingga pada pertemuan ini saya sampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni yang telah hadir, khususnya Kang Fitri Ramdan Setiawan, SH, yang telah menyediakan tempat dan memfasilitasi tempat pertemuan di area Metro Indah Mall, kang Fitri sebagai Legal Officer di Metro Indah Mall sangat memberikan perhatian terhadap perkembangan mahasiswa, jurusan maupun alumni.”

Melalui pertemuan ini, Lanjut Nangkoy sapaan akrabnya, berharap agar tetap berkontribusi terhadap Jurusan Ilmu Hukum.  “Saya berharap bahwa para alumni makin berkembang dalam kiprahnya, dengan tetap selalu memberikan konstribusi terhadap perkembangan jurusan Ilmu Hukum. Agenda yang terdekat yang akan kita laksanakan adalah Pelantikan Pengurus IKA Ilmu Hukum Periode 2018-2022, sekaligus Rapat Kerja.”

Dalam kesempatan yang sama, Budi Tresnayadi, S.H., M.H., sebagai Ketua IKA Ilmu Hukum periode sebelumnya menyampaikan harapannya agar kiprah alumni Ilmu Hukum terus meningkat dan selalu memberikan konstribusi terhadap pengembangan Jurusan Ilmu Hukum. “Salah satu upaya yang bisa dilakukan alumni terhadap perkembangan Jurusan Ilmu Hukum adalah memfasilitasi mahasiswa untuk kegiatan-kegiatan yang akan menunjang kompetensi mahasiswa dan lulusan Ilmu Hukum,” harapnya.

Hal senada disampaikan oleh Acong Latif, S.H. Dikatakan bahwa, “Sudah banyak alumni  yang berkiprah di masyarakat dan menunjukan prestasi yang membanggakan baik bagi jurusan, mahasiswa maupun alumni. Prestasi-prestasi alumni tersebut tentunya bisa diberdayakan oleh jurusan dan mahasiswa dalam rangka meningkatkan keahlian dan kompetensi mahasiswa Ilmu Hukum,” ucap alumni yang saat ini berprofesi sebagai Advokat.

(Khairul Umam)

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.