Ilmu Hukum

Apa itu Tes Potensi Skolastik? Pengertian, Materi dan Contoh Soal

Daftar Isi Artikel

Saat mempersiapkan diri tes Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) Miku benar-benar mempersiapkan dengan baik. Makanya bisa dibilang kalau persiapan ini memakan waktu yang gak sebentar.

Sejak awal masuk kelas 12 SMA, Miku udah berusaha keras biar bisa lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impianku. Makanya, Miku belajar dengan giat. Tujuannya sih agar lebih memahami materi yang akan diujikan, sekaligus berpeluang tinggi diterima PTN impian.

Hal yang Miku persiapkan agar lolos SNBT banyak banget. Salah satunya  adalah mempelajari soal-soal yang diujikan ketika Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes ini selalu keluar  pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).  Agar persiapan TPS kamu makin matang kayak Miku, makanya nih Miku mau ajak kamu untuk mempelajari dasar TPS, contoh soal, dan jenis-jenisnya. Yuk kita bahas bersama.

Apa itu Tes Potensi Skolastik

UTBK seringkali diidentikkan dengan Tes Potensial Skolastik (TPS). Namun, sebenarnya apa arti dari TPS? TPS adalah tes yang mengevaluasi kemampuan kognitif, yang mencakup penalaran umum dan pemahaman. Soal-soal TPS yang akan dikeluarkan ketika UTBK akan mengarah pada kemampuan penalaran.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Bisa Membuat Gagal SNBP 2024

Jenis Soal Tes Potensi Skolastik

Berkaca pada tada UTBK 2023, ada berbagai jenis soal TPS yang akan Sobat Miku hadapi di UTBK 2024. Berikut adalah jenis soal TPS.

1 Penalaran Umum

Ada tiga jenis soal TPS UTBK Penalaran Umum UTBK, yaitu:

  1. Kesesuaian pernyataan, biasanya berisi tabel/ teks/ grafik/ diagram sesuai dengan konteks pada teks
  2. b. Kesimpulan logis, peserta diharuskan dengan membuat kesimpulan logis mengenai permasalahan berdasarkan teks.
  3. c. Penalaran analitik, soal berisi menganalisis dan menjawab soal berdasar pada data yang telah disediakan.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Ada empat jenis soal TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif, yaitu:

  1. Pilihan ganda untuk soal logika dasar atau Matematika level dasar
  2. Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4)
  3. Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita harus menganalisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan
  4. Analisis perbandingan dua nilai, berupa suatu informasi dengan dua variabel dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (kita harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).

3 Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Ada empat jenis soal TPS UTBK pada bagian ini, dengan dua jenis soal dalam Bahasa Inggris dan dua jenis soal yang lain dalam Bahasa Indonesia.

  1. Pada soal Bahasa Inggris, Sobat Miku diharuskan untuk memahami inti bacaan dan kemudian membuat kesimpulan berdasar pada informasi di teks.
  2. Pada soal Bahasa Indonesia, soal-soalnya tentang ide pokok, kelebihan dan kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungan antarparagraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

4 Memahami Bacaan dan Menulis

Jenis soal TPS UTBK pada bagian ini terdiri dari dua topik, yaitu:

  1. Pemahaman isi bacaan, dimana kemampuan kita untuk membaca dan memahami teks secara utuh diuji
  2. Penalaran kebahasaan yang menguji pemahaman kita akan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara benar dan baik.

 Materi Tes Potensi Skolastik

Setiap materi dalam TPS UTBK memiliki tujuan pengukuran untuk mengukur nalar dan cara berpikir Sobat Miku. Cara mengukur kemampuan nalar melalui TPS ini terbagi atas beberapa materi yang wajib Sobat Miku pelajari ketika menjelang UTB.

1. Penalaran Umum

Materi TPS UTBK ini mengevaluasi kemampuan penalaran dan keahlian dalam memilih serta menggunakan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah secara logis dan masuk akal. Dalam hal ini, penting untuk memahami cara memperoleh informasi tidak hanya dari paragraf atau teks, melainkan juga dari kurva, grafik, dan tabel.

2. Pengetahuan Kuantitatif

Materi TPS UTBK ini menilai kemampuan matematis sederhana dan pemahaman konsep Matematika, terutama dalam konteks pemikiran matematis yang terstruktur dan logis. Materi kuantitatif mencakup bidang seperti aljabar, logika, peluang, statistika, dan geometri.

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Materi TPS UTBK ini terbagi antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam hal ini, kita diharapkan untuk memperluas pengetahuan dengan membaca berbagai teks untuk memahami lebih banyak antonim, sinonim, idiom, dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

4. Memahami Bacaan dan Menulis

Materi TPS UTBK ini menguji kemampuan dalam bidang bahasa dan logika verbal. Dalam konteks ini, kita dituntut untuk memahami inti paragraf, pesan yang tersirat, dan kesimpulan yang dapat diambil.

Contoh Soal Tes Potensi Skolastik dan Pembahasannya

1. Contoh Soal: Penalaran Umum

Berdasarkan data  berikut, pilih pernyataan yang sesuai dengan konteks pada teks.

Nama Usia Pekerjaan

Ali 25 Mahasiswa
Budi 30 Wiraswasta
Cindy 22 Pegawai Bank

Pernyataan yang sesuai:

a. Ali adalah seorang dokter.
b. Budi berusia 25 tahun.
c. Cindy bekerja sebagai Pegawai Bank.

Jawaban: C

Pembahasan:

Karena sesuai dengan informasi dalam tabel bahwa Cindy bekerja sebagai Pegawai Bank.

Contoh soal: Pemahaman Isi Bacaan 

(1) Perubahan iklim yang semakin terasa akhir-akhir ini telah memberikan dampak serius terhadap sektor pertanian di berbagai daerah. (2) Petani di Kabupaten XYZ, misalnya, mengalami penurunan produksi yang signifikan akibat perubahan pola curah hujan dan suhu yang tidak menentu. (3) Sebagian besar petani menghadapi kendala dalam menyesuaikan pola tanam dengan kondisi cuaca yang fluktuatif. (4) Selain itu, serangan hama dan penyakit tanaman semakin sulit dikendalikan karena perubahan iklim. (5) Kondisi ini membuat sebagian petani terpaksa beralih ke usaha lain atau menghadapi risiko kerugian yang lebih besar.

Judul yang paling tepat untuk melengkapi tulisan di atas adalah….

a. Dampak Perubahan Iklim terhadap Pertanian di Kabupaten XYZ
b. Resiko Petani di Musim Tanam yang Tidak Menentu
c. Penyebab Penurunan Produksi Pertanian di Daerah XYZ
d. Alternatif Usaha Petani di Tengah Perubahan Iklim
e. Kendala Petani dalam Menghadapi Cuaca yang Fluktuatif

Jawaban: a

Pembahasan:

Ide pokok teks tersebut terdapat dalam kalimat pertama yang membahas tentang dampak serius perubahan iklim terhadap sektor pertanian. Berikutnya, teks menjelaskan bagaimana petani di Kabupaten XYZ mengalami penurunan produksi dan menghadapi kendala dalam menghadapi perubahan cuaca. Jadi, judul yang paling sesuai dari penggalan bacaan tersebut adalah “Dampak Perubahan Iklim terhadap Pertanian di Kabupaten XYZ”.

Leave the first comment

Optimal dengan Ekosistem Digital

Dalam upaya menjaga standar mutu Unggul dan Kompetitif, UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadopsi pendekatan yang progresif terhadap teknologi, mengintegrasikan inovasi digital ke dalam setiap aspek kegiatan akademik dan administratif.

Profil Jurusan

Dosen

Akademik Jurusan

Mahasiswa

Alumni

Publikasi Jurusan

Helpdesk Akademik FSHLayanan Akademik Jurusan